Ads - After Header

Beda Waktu Indonesia dan Jepang: Berapa Jam Antar Keduanya?

Rinidesu

Namun, perbedaan waktu Indonesia dan Jepang tidak hanya dipengaruhi oleh letak geografis saja. Ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi perbedaan waktu tersebut, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Garis Bujur atau Longtitude


Garis Bujur

Garis bujur atau longitude merupakan garis khayal yang membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan mengelilingi bumi. Setiap derajat longitude setara dengan waktu selisih satu jam. Indonesia dan Jepang memiliki selisih longitude yang mencapai sekitar 35 derajat, sehingga perbedaan waktu keduanya pun sekitar 2 jam.

2. Zona Waktu


Zona Waktu

Zona waktu merupakan pembagian wilayah bumi ke dalam beberapa wilayah waktu yang memiliki waktu seragam. Zona waktu dibuat untuk memudahkan orang dalam berkomunikasi dan melakukan koordinasi pada saat bekerja atau melakukan perjalanan antar wilayah. Indonesia memiliki tiga zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Sementara itu, Jepang memiliki satu zona waktu yang bernama Standard Time. Zona waktu inilah yang juga menyebabkan perbedaan waktu antara Indonesia dan Jepang.

Also Read

Bagikan:

Rinidesu

Rinidesu Merupakan Seorang Mahasiswi Sastra Jepang di Universitas Indonesia, Memiliki Passion Berbagi ilmu Bahasa Jepang Melalui Situs Rinidesu.com ini

Tags

Ads - Before Footer