Ads - After Header

Keunggulan dan Kekurangan Pipa HDPE, Pertimbangkan Dulu

Rinidesu

Keunggulan dan Kekurangan Pipa HDPE
Keunggulan dan Kekurangan Pipa HDPE

Keunggulan dan Kekurangan Pipa HDPE, Pertimbangkan Dulu

 

Dari sekian banyak jenis pipa, seperti pipa PVC dan galvanis, pipa HDPE termasuk pipa yang banyak digunakan di berbagai industri. Pipa HDPE merupakan pipa yang terbuat dari material plastik High Density Polyethylen yang merupakan pengembangan dari PE (Polyethylene). 

HDPE memiliki kualitas yang lebih unggul karena didesain dengan tingkat kepadatan yang lebih tinggi. HDPE termasuk jenis polietilena yang tersusun dari molekul yang lebih rapat dan rantai karbon sangat panjang.

Kepadatan dan kerapatan pada material HDPE itulah yang membuat pipa HDPE lebih kuat dan tahan terhadap tekanan, benturan, dan abrasi. Keunggulan tersebut membuat pipa HDPE disukai oleh kontraktor dan mudah ditemukan di toko yang jual pipa hdpe murah.

Selain pipa, HDPE juga sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar perlengkapan rumah tangga lainnya, seperti peralatan dapur, ember, hingga kursi dan meja taman.

Jika Anda mau menggunakan pipa HDPE, kenali lebih dulu jenis-jenis, keunggulan dan kekurangannya. 

Apa Saja Jenis-jenis Pipa HDPE?

Di pasaran, ada beberapa jenis pipa HDPE berdasarkan bentuknya yang memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing. Berikut penjelasannya.

1. Pipa HDPE Batang

Pipa HDPE ini memiliki bentuk batangan yang proses penyambungannya menggunakan welding machine dan metode butt fusion. Pipa jenis ini biasa digunakan untuk saluran air dan gas.

2. Pipa HDPE Corrugated

Sementara itu, pipa HDPE corrugated merupakan pipa yang berbentuk gelombang atau bergelang-gelang. Dengan desain tersebut, pipa ini lebih fleksibel ketika dipasang untuk drainase dan saluran pengairan lainnya.

3. Pipa HDPE Roll

Pipa HDPE roll disebut juga pipa coil yang hadir dengan diameter 1,2 hingga 4 inchi dan panjang 50 hingga 100 meter. Biasanya, pipa ini digunakan untuk saluran air pada kegiatan bersih-bersih di pabrik dan area yang luas.

4. Pipa HDPE Spiral

Sekilas, pipa HDPE spiral mirip dengan pipa corrugated. Bedanya, pipa HDPE spiral tidak memiliki dinding ganda atau double wall seperti pada pipa corrugated. Meski begitu, pipa ini didesain tebal sehingga kekuatan daya tahannya sangat baik untuk aplikasi non-tekanan.

Keunggulan Pipa HDPE

Beberapa keunggulan yang dimiliki pipa HDPE berikut membuat pipa ini banyak disukai, yaitu:

  1. Memiliki ketahanan sangat baik terhadap korosi karena kontaminasi zat kimia.
  2. Memiliki fleksibilitas tinggi yang mudah diatur dalam proses instalasi di area kontur yang tidak rata.
  3. Memiliki daya tahan tinggi terhadap lingkungan yang membuatnya tahan hingga puluhan tahun.
  4. Bobot yang ringan sehingga memudahkan kontraktor ketika memindahkan dan memasang pipa.
  5. Aman dan tidak beracun, sehingga aman untuk penggunaan air minum atau makanan.
  6. Kompatibel untuk saluran pembuangan dan limbah.
  7. Memiliki harga yang kompetitif dan terjangkau.

Kekurangan Pipa HDPE

Di sisi lain, kamu juga perlu memperhatikan kekurangan pipa HDPE sebelum membelinya, yaitu:

  1. Meskipun cenderung tahan terhadap suhu tinggi, namun pipa ini tidak tahan terhadap paparan sinar UV langsung dalam jangka waktu lama.
  2. Sulit mendeteksi kerusakan, goresan, pecah, dan retak.
  3. Biaya perbaikan tinggi apabila sudah rusak.

Dari penjelasan di atas, secara umum pipa HDPE menawarkan keunggulan yang baik sebagai pipa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di berbagai industri.

Tidak hanya digunakan pada industri rumah tangga, pipa ini juga banyak dipilih untuk melengkapi kebutuhan operasional pabrik dan proyek skala besar. Pastikan kamu membeli pipa HDPE di toko atau distributor terpercaya agar mendapatkan produk resmi yang bergaransi.

 

Also Read

Bagikan:

Rinidesu

Rinidesu Merupakan Seorang Mahasiswi Sastra Jepang di Universitas Indonesia, Memiliki Passion Berbagi ilmu Bahasa Jepang Melalui Situs Rinidesu.com ini

Ads - Before Footer